Apa yang Harus dilakukan Jika Orang Terdekat Terkena Sakit Flu

Apa yang Harus dilakukan Jika Orang Terdekat Terkena Sakit Flu

Sakit flu mungkin hal yang biasa bagi sebagian orang. Namun, jika orang terdekat yang terkena sakit flu, Anda tentu ingin segera membantu mereka agar cepat sembuh dan tidak menularkan penyakitnya ke orang lain. Sakit flu yang dialami orang terdekat tentunya akan memberi rasa khawatir bagi Anda, terlebih jika sakit tersebut menjadi lebih parah. Lantas, apa yang harus dilakukan jika orang terdekat terkena sakit flu?

 

Mengenal Sakit Flu

Sebelum membahas cara menangani sakit flu, ada baiknya Anda mengenal lebih dulu apa itu sakit flu. Sakit flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penderita sakit flu dapat mengalami gejala seperti demam, sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, batuk, sakit tenggorokan, nyeri otot, dan lemas.

 

Sakit flu berbeda dengan batuk pilek biasa (common cold) yang disebabkan oleh jenis virus yang berbeda. Gejala sakit flu biasanya lebih parah dan menyerang secara mendadak, sedangkan gejala batuk pilek biasa cenderung ringan dan muncul secara bertahap.

 

Cara Menangani Sakit Flu

Jika orang terdekat kita, seperti keluarga, teman, atau pasangan, terkena sakit flu, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membantu mereka sembuh dengan cepat dan mencegah penularan ke orang lain, yaitu:

  1. Sarankan mereka untuk beristirahat cukup di rumah dan hindari aktivitas berat. Istirahat dapat membantu tubuh memulihkan diri dari infeksi virus dan mengurangi risiko komplikasi.
  2. Berikan mereka banyak minum air putih atau cairan hangat lainnya, seperti teh herbal, sup ayam, dan jus buah. Cairan dapat membantu melembabkan saluran pernapasan, mengencerkan lendir, dan mencegah dehidrasi akibat demam.
  3. Ciptakan lingkungan yang nyaman. Menciptakan lingkungan yang nyaman dan bersih dapat membantu orang yang sakit merasa lebih baik. Pastikan ruangan tempat mereka beristirahat bersih, teratur, dan memiliki sirkulasi udara yang baik.
  4. Bantu mereka untuk membersihkan hidung dengan menggunakan tetes hidung atau alat penyedot lendir. Cara ini dapat membantu mengeluarkan lendir dari hidung dan mengurangi hidung tersumbat.
  5. Berikan mereka kompres hangat di dahi atau ketiak untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi. Kompres hangat dapat membantu  penderita merasa lebih nyaman.
  6. Bawa mereka ke dokter jika gejala sakit flu tidak kunjung membaik setelah dua minggu atau membaik tetapi kemudian memburuk. Tindakan darurat perlu dilakukan bila gejala sakit flu disertai sesak napas atau penurunan kesadaran.

Cara Mencegah Sakit Flu

Selain menangani sakit flu, Anda juga perlu mencegah diri sendiri agar tidak tertular penyakit ini dari orang terdekat. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk melindungi diri dan orang lain dari penularan flu, seperti:

 

  1. Jaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya vitamin C seperti jeruk, kiwi, paprika, dan brokoli. Makanan-makanan yang kaya vitamin C biasanya memiliki rasa asam yang menyegarkan dan warna cerah yang menarik. Anda dapat mengonsumsi makanan-makanan ini secara langsung atau membuat jus dari buah-buahan tersebut.
  2. Rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, terutama sebelum dan sesudah makan, setelah buang air kecil atau besar, setelah bersin atau batuk, dan setelah menyentuh benda-benda umum. Dengan mencuci tangan, Anda dapat menghilangkan kuman-kuman yang menempel di tangan Anda dan mengurangi risiko terinfeksi atau menularkan kuman kepada orang lain. Anda harus mencuci tangan selama setidaknya 20 detik dengan menggunakan sabun dan air mengalir yang bersih.
  3. Perbanyaklah konsumsi makanan dan minuman yang hangat untuk membantu menyembuhkan hidung tersumbat dan mencegah dehidrasi.  Makanan dan minuman yang hangat dapat membantu melembabkan saluran hidung dan mengencerkan lendir yang menyumbat. Beberapa contoh makanan dan minuman yang hangat adalah sup ayam, teh, air jahe, atau air lemon madu.
  4. Menjaga daya tahan tubuh dengan  makanan bergizi, cukup minum air putih, istirahat yang cukup, dan berolahraga secara teratur. Makanan bergizi dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsi-fungsinya.

 

Demikian yang harus dilakukan saat orang terdekat sakit flu. Semoga dengan mengikuti saran-saran di artikel ini, Anda dapat membantu mereka sembuh lebih cepat dan menghindari penularan ke orang lain.

SHARE ARTIKEL

ARTIKEL LAINNYA

Mengetahui Batas Kerja saat Sedang Sakit Flu education

Mengetahui Batas Kerja saat Sedang Sakit Flu

7 Tips Membuat Rencana Kerja yang Efektif dalam Menghadapi Situasi Hektik education

7 Tips Membuat Rencana Kerja yang Efektif dalam Menghadapi Situasi Hektik

Mengapa Anda Harus Menghindari Lembur Saat Sakit Flu? education

Mengapa Anda Harus Menghindari Lembur Saat Sakit Flu?

Neozep Forte

Tersedia di Toko dan Apotek Terdekat

BELI DI SINI