Berikut Tips yang Dapat Anda Gunakan untuk Mencegah Sakit Flu

Berikut Tips yang Dapat Anda Gunakan untuk Mencegah Sakit Flu

Sakit flu adalah salah satu penyakit yang sering dialami oleh banyak orang, terutama saat musim hujan dan perubahan cuaca. Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Gejala flu antara lain demam, pilek, hidung tersumbat, sakit kepala, batuk, dan merasa lemas.

Sakit flu bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, termasuk bekerja. Anda mungkin merasa tidak nyaman, sulit berkonsentrasi, dan bahkan tidak bisa bekerja sama sekali. Jika dibiarkan terus-menerus, sakit flu bisa berdampak negatif pada produktivitas Anda.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk mencegah dan mengatasi sakit flu dengan cara yang tepat. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar sakit flu tidak merusak mood bekerja Anda.

Tips Mencegah Sakit Flu

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Hal ini juga berlaku untuk sakit flu. Ada beberapa langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko tertular virus influenza, antara lain:

  • Rajin cuci tangan
    Tangan Anda adalah salah satu media penularan virus influenza. Virus ini bisa menempel di tangan Anda setelah Anda menyentuh benda yang terkontaminasi atau bersalaman dengan orang yang sakit flu. Oleh karena itu, rajinlah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik, terutama sebelum makan atau menyentuh wajah.
     
  • Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit flu
    Orang yang sakit flu bisa menularkan virusnya melalui percikan air liur saat bersin dan batuk. Jika Anda berada di dekat mereka, Anda bisa terpapar virus tersebut. Jadi, sebisa mungkin hindari kontak dekat dengan orang yang sakit flu, seperti berjabat tangan, berpelukan, dan berbagi alat makan.
     
  • Jaga daya tahan tubuh
    Daya tahan tubuh yang baik akan membuat Anda lebih kuat melawan infeksi virus influenza. Untuk menjaga daya tahan tubuh, Anda perlu mengonsumsi makanan sehat yang kaya vitamin C, seperti jeruk, kiwi, dan paprika. Selain itu, Anda juga perlu istirahat yang cukup, minum air putih yang banyak, dan olahraga secara teratur.
     
  • Tutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk
    Bersin atau batuk adalah salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan lendir dan kuman dari saluran pernapasan. Namun, jika Anda tidak menutup mulut dan hidung saat bersin dan batuk, Anda bisa menyebarkan virus influenza ke udara dan orang-orang di sekitar Anda. Buanglah tisu bekas ke tempat sampah dan cuci tangan setelahnya.

Tips Mengatasi Sakit Flu

Jika Anda sudah terlanjur sakit flu, jangan khawatir. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit flu dan mempercepat proses penyembuhan, antara lain:

  • Banyak istirahat
    Istirahat adalah salah satu cara terbaik untuk memulihkan kondisi tubuh Anda yang lemah akibat sakit flu. Istirahat akan membantu tubuh Anda melawan infeksi virus influenza dan mengurangi gejala-gejala yang menyiksa. Jika memungkinkan, ambillah cuti kerja selama beberapa hari sampai kondisi Anda membaik.
     
  • Banyak minum
    Minum air putih atau cairan hangat lainnya akan membantu melembabkan tenggorokan dan hidung Anda yang kering akibat sakit flu. Cairan juga akan membantu mengencerkan lendir dan memudahkan Anda untuk mengeluarkannya. Minumlah setidaknya 8 gelas air putih per hari atau lebih jika perlu.
     
  • Konsumsi obat pereda gejala
    Obat pereda gejala bisa membantu Anda meredakan gejala flu, seperti demam, sakit kepala dan hidung tersumbat. Namun, ingatlah untuk selalu mengikuti petunjuk penggunaan dan dosis yang tertera di kemasan obat. Jangan sembarangan mengkonsumsi obat tanpa resep dokter, terutama jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu, alergi, dan sedang hamil.
     
  • Konsumsi makanan bergizi
    Makanan bergizi akan memberi Anda energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda untuk melawan infeksi virus influenza. Pilihlah makanan yang tidak menyebabkan gatal pada tenggorokan, seperti sup ayam, bubur, dan roti panggang. Hindari makanan yang pedas, asam, dan berminyak karena bisa memperparah gejala flu Anda.
     
  • Berkumur dengan air garam
    Berkumur dengan air garam adalah salah satu cara alami untuk meredakan sakit tenggorokan akibat flu. Air garam akan membantu membersihkan lendir dan bakteri yang menempel di tenggorokan Anda. Caranya, campurkan setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat. Kumur-kumur dengan larutan ini selama beberapa detik, lalu buang. Ulangi beberapa kali sehari sampai gejala mereda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi sakit flu agar tidak merusak mood bekerja Anda. Jika gejala flu tidak kunjung membaik setelah dua minggu atau disertai sesak napas dan penurunan kesadaran, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

SHARE ARTIKEL

ARTIKEL LAINNYA

Mengetahui Batas Kerja saat Sedang Sakit Flu education

Mengetahui Batas Kerja saat Sedang Sakit Flu

Kapan Waktu yang Tepat untuk Berolahraga Setelah Sembuh dari Flu? education

Kapan Waktu yang Tepat untuk Berolahraga Setelah Sembuh dari Flu?

Langkah Tepat Bebas Baper Tanggapi Komentar Pedas education

Langkah Tepat Bebas Baper Tanggapi Komentar Pedas

Neozep Forte

Tersedia di Toko dan Apotek Terdekat

BELI DI SINI