Apa yang Membuat Gejala Flu Menjadi Parah?

Apa yang Membuat Gejala Flu Menjadi Parah?

Sakit flu merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi di seluruh dunia, terutama pada musim tertentu. Gejala flu dapat bervariasi dari mulai ringan hingga parah sehingga membuat banyak orang merasa tidak enak badan akibat serangan virus yang menyerang sistem pernapasan mereka. Gejala flu yang cukup parah tentunya akan terasa mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, apa yang sebenarnya membuat gejala flu menjadi begitu parah? Berikut hal-hal yang dapat mempengaruhi tingkat keparahan gejala flu, antara lain:

 

1. Imunitas Tubuh yang Melemah

Saat terinfeksi virus flu, sistem kekebalan tubuh menjadi kunci dalam melawan invasi virus tersebut. Jika seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, misalnya karena kurang tidur, pola makan yang buruk, dan stres berkepanjangan, tubuh akan kesulitan melawan virus dengan efisien. hal ini dapat menyebabkan gejala flu menjadi lebih parah dan berkepanjangan.

 

2. Jenis Virus Influenza

Jenis virus influenza, yaitu Influenza  A, B, dan C. Virus influenza A biasanya sering menjadi wabah di negara-negara tropis dan biasanya tersebar melalui hewan unggas hingga kontak dengan manusia. Jenis virus ini dapat menyebabkan gejala flu yang lebih berat, seperti demam tinggi, batuk kering, sakit kepala, nyeri otot, lemas, mual, muntah, dan diare. Influenza jenis B tergolong memiliki tingkat bahaya yang lebih rendah dan tidak berpotensi menjadi wabah, influenza tipe B biasanya lebih serius daripada jenis C. Sedangkan influenza tipe C memiliki tingkat bahaya paling rendah dari semua tipe. Virus influenza tipe C biasanya menyerang tubuh melalui membran dalam hidung, mata, dan mulut.

3. Kondisi kesehatan

Hal ini disebabkan oleh sistem pertahanan tubuh mereka tidak bisa melawan virus dengan baik. Selain itu, penyakit kronis juga dapat memperburuk gejala flu atau menyebabkan komplikasi lainnya. Misalnya, asma dapat menyebabkan sesak napas atau serangan asma saat terinfeksi virus flu.

4. Komplikasi

Gejala flu yang parah bisa menjadi tanda adanya komplikasi seperti infeksi sinus, pneumonia, otitis media, miokarditis, ensefalitis, myositis, dan gagal ginjal. Komplikasi ini dapat menyebabkan gejala flu bertambah buruk atau bahkan mengancam jiwa jika tidak ditangani dengan segera. Infeksi sinus dapat menyebabkan nyeri wajah, hidung tersumbat, ingus berwarna kuning atau hijau, dan bau mulut. Untuk mencegah infeksi sinus, sebaiknya minum banyak air, istirahat cukup, dan hindari merokok atau menghirup asap rokok.

 

Bagaimana Cara Mencegah dan Mengobati Gejala Flu yang Parah?

 

Cara terbaik untuk mencegah gejala flu yang parah adalah dengan melakukan vaksinasi setiap tahun. Vaksin flu mengandung tiga jenis virus influenza yang diprediksi akan menjadi epidemi pada tahun tersebut. Vaksin flu bisa membantu melindungi tubuh dari infeksi virus atau mengurangi keparahan gejala jika terinfeksi. Selain itu, cara lain untuk mencegah dan mengobati gejala flu yang parah adalah:

 

  1. Mencuci tangan secara rutin dengan sabun dan air hangat.
  2. Membersihkan permukaan benda yang sering disentuh seperti papan ketik, telepon, dan gagang pintu dari kuman.
  3. Menggunakan tisu untuk menutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk.
  4. Menghindari kontak dekat dengan orang yang sakit atau memiliki gejala flu.
  5. Minum banyak cairan untuk menghindari dehidrasi.
  6. Beristirahat cukup untuk memulihkan kondisi tubuh.
  7. Makan makanan sehat yang kaya protein, zat besi, potasium, dan antioksidan seperti daging tanpa lemak, unggas, kacang-kacangan, susu, bayam, brokoli, bit, jus sayuran hijau, alpukat, kubis brussel, swiss chard, dan brokoli. Konsumsi juga tomat, wortel, biji labu, ubi jalar, delima, dan stroberi. Makanan-makanan ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan.
  8. Menghindari minuman berkafein seperti kopi, minuman bersoda, dan alkohol.
  9. Menghindari makanan olahan seperti makanan kemasan atau gorengan.

 

Demikianlah beberapa hal yang dapat membuat gejala flu menjadi parah dan cara-cara untuk mencegah dan mengobatinya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Tetap jaga kesehatan dan kebersihan diri agar terhindar dari penyakit flu. Jika gejala flu tidak kunjung membaik setelah beberapa hari atau disertai dengan gejala lain yang mengkhawatirkan seperti sesak napas, nyeri dada, pingsan, kejang, atau bingung, segera hubungi dokter atau fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

SHARE ARTIKEL

ARTIKEL LAINNYA

Bagaimana Stres Akibat Hektik Dapat Meningkatkan Risiko Flu dan Sakit Kepala? education

Bagaimana Stres Akibat Hektik Dapat Meningkatkan Risiko Flu dan Sakit Kepala?

Jangan Panik! Ini Solusi Menyembuhkan Sakit Flu saat Dikejar Deadline Pekerjaan education

Jangan Panik! Ini Solusi Menyembuhkan Sakit Flu saat Dikejar Deadline Pekerjaan

4 Kebiasaan Sehari-Hari yang Ancam Kemerdekaan Bekerja education

4 Kebiasaan Sehari-Hari yang Ancam Kemerdekaan Bekerja

Neozep Forte

Tersedia di Toko dan Apotek Terdekat

BELI DI SINI