Cara Mengatasi Sakit Flu Sebelum Wawancara Kerja

Cara Mengatasi Sakit Flu Sebelum Wawancara Kerja

Wawancara kerja merupakan salah satu tahap penting dalam proses rekrutmen. Dalam wawancara kerja, pelamar bisanya akan ditanya berbagai hal yang berkaitan dengan latar belakang, kualifikasi, motivasi, dan kompetensi sebagai calon karyawan. Oleh karena itu, pelamar harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar bisa memberikan kesan positif kepada pewawancara. Sayangnya, sering kali beberapa kendala terjadi di luar kehendak kita, seperti sakit flu. Sakit flu merupakan penyakit infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus influenza.

Gejala sakit flu biasanya meliputi hidung tersumbat, bersin, batuk, sakit tenggorokan, demam, nyeri otot, dan lemas. Sakit flu bisa menular melalui percikan air liur saat bersin atau batuk dan melalui kontak langsung dengan penderita. Alhasil, sakit flu bisa mengganggu konsentrasi dan performa pelamar saat wawancara kerja. Selain itu, sakit flu juga bisa membuat Anda terlihat kurang profesional dan tidak peduli dengan kesehatan orang lain.

Oleh karena itu, lakukan beberapa langkah berikut untuk mengatasi sakit flu sebelum wawancara kerja:

 

1. Istirahat yang cukup

Salah satu cara terbaik untuk menyembuhkan sakit flu adalah dengan istirahat yang cukup. Istirahat akan membantu tubuh untuk memulihkan diri dan meningkatkan sistem imun. Usahakan untuk tidur selama 7-8 jam sehari dan hindari aktivitas yang melelahkan atau stres.

 

2. Konsumsi makanan bergizi

Makanan bergizi akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi virus. Anda bisa mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin C, seperti jeruk, kiwi, paprika, dan brokoli. Vitamin C dapat membantu meningkatkan imunitas dan mempercepat penyembuhan. Konsumsi juga makanan berkuah, seperti sup ayam atau kaldu, yang dapat melegakan tenggorokan dan hidung.

 

3. Minum obat flu

Salah satu cara yang sering dilakukan orang untuk mengatasi sakit flu adalah dengan mengonsumsi obat flu yang bisa dibeli di apotek, minimarket terdekat, dan toko obat lainnya. Dengan minum obat flu bisa membantu meredakan gejala-gejala yang mengganggu dan membuat perasaan lebih nyaman. Namun, Anda harus berhati-hati dalam mengkonsumsi obat flu dan jangan sembarangan memilih obat flu yang tidak sesuai dengan kondisi. Selain itu, jangan melebihi dosis yang dianjurkan pada kemasan obat flu, karena bisa berbahaya bagi kesehatan Anda.

Jika gejala flu tidak kunjung membaik setelah minum obat flu, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

4. Gunakan masker

Gunakan masker saat keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain. Masker bisa membantu mencegah penularan virus flu ke orang lain atau sebaliknya. Masker juga bisa melindungi hidung dan mulut dari debu, asap, dan polusi udara yang bisa memperparah gejala flu. Pilihlah masker yang nyaman dan sesuai dengan ukuran wajah.

 

5. Persiapkan diri sebaik mungkin untuk wawancara kerja

Meskipun sakit flu, Anda tetap harus menyiapkan diri sebaik mungkin untuk wawancara kerja. Lakukan riset tentang perusahaan, posisi, dan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan oleh pewawancara. Latihlah cara berbicara, bahasa tubuh, dan ekspresi wajah di depan cermin atau rekam dengan kamera. Bawa dokumen-dokumen penting seperti CV, surat lamaran, sertifikat, dan portofolio yang relevan dengan posisi yang dilamar.

 

6. Jujur kepada pewawancara tentang kondisi saat ini

Jika memutuskan untuk tetap melanjutkan wawancara kerja meskipun sakit flu, ada baiknya Anda jujur kepada pewawancara tentang kondisi saat ini. Beritahu mereka bahwa Anda sedang sakit flu tapi tidak ingin melewatkan kesempatan ini. Mintalah maaf jika ada gejala-gejala seperti batuk atau bersin-bersin yang mengganggu jalannya wawancara. Tunjukkan bahwa Anda tetap antusias dan profesional meskipun tidak dalam kondisi terbaik.

 

7. Mintalah penjadwalan ulang jika kondisi sangat parah

Jika merasa bahwa kondisi Anda sangat parah dan tidak mungkin untuk menghadapi wawancara kerja, ada baiknya untuk meminta penjadwalan ulang kepada pihak perusahaan. Hubungi mereka secepat mungkin dan berikan alasan yang jelas. Jangan lupa untuk menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan atas kesempatan yang diberikan. Mintalah waktu yang tepat untuk melakukan wawancara ulang dan pastikan sudah sembuh sebelumnya.

 

Itulah cara mengatasi sakit flu sebelum wawancara kerja yang bisa Anda coba.  Dengan melakukan cara-cara tersebut, Anda bisa merasa lebih baik dan lebih percaya diri saat menghadapi wawancara. Ingatlah bahwa sakit flu bukanlah halangan untuk mendapatkan pekerjaan impian, asalkan tetap berusaha dan optimis.

SHARE ARTIKEL

ARTIKEL LAINNYA

Bagaimana Menyiasati Rasa Bosan atau Malas Berolahraga Saat Flu? education

Bagaimana Menyiasati Rasa Bosan atau Malas Berolahraga Saat Flu?

5 Tips multitasking ampuh biar kamu gak hektik dalam bekerja education

5 Tips multitasking ampuh biar kamu gak hektik dalam bekerja

Stop Jadi Deadliner, Lebih Disiplin Waktu dengan 5 Tips Jitu education

Stop Jadi Deadliner, Lebih Disiplin Waktu dengan 5 Tips Jitu

Neozep Forte

Tersedia di Toko dan Apotek Terdekat

BELI DI SINI