Tampak Sederhana, Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Cuci Tangan

Tampak Sederhana, Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Cuci Tangan

Siapa sangka kebiasaan sesederhana mencuci tangan ternyata mampu melindungimu dari virus penyebab penyakit, termasuk flu. Sayangnya, tak sedikit yang menganggap remeh dan melakukan beberapa kesalahan yang bikin kesehatanmu rentan terganggu. Apa saja, ya?

Hanya Melakukannya Sesekali

Virus penyebab flu menular lewat droplet dari penderitanya yang menyebar di udara dan menempel pada tangan dan permukaan yang sering disentuh seperti gagang pintu, remote control, hingga ATM. Sayangnya, tak sedikit yang enggan bolak-balik mencuci tangan.

Jangan lengah dan cuci tanganmu di momen-momen penting ini. Mulai dari sebelum dan sesudah menyiapkan makanan atau makan, setelah memakai toilet, setelah batuk atau bersin, setelah menyentuh dan merawat hewan, hingga setelah menyentuh sampah.   


 

Tanpa Menggunakan Sabun

Buru-buru mencuci tangan dan melupakan sabun? Yuk, ulangi lagi. Menurut CDC, senyawa dalam sabun atau surfaktan efektif menghilangkan kotoran dan mikroba dari tangan. 

Cara ini dianggap lebih efektif dibandingkan penggunaan hand sanitizer, yang berisiko kurang optimal membasmi virus, apalagi jika takarannya tidak tepat atau terlalu cepat menyekanya sebelum sempat mengering. CDC merekomendasikan untuk membasahi tangan dengan air mengalir, mengaplikasikan sabun, membilasnya hingga bersih, dan mengeringkannya.

Durasi yang Terlalu Singkat

Bukan hanya tanpa sabun, kebanyakan mencuci tangan dengan buru-buru sehingga kurang efektif menghilangkan bakteri, kuman, atau virus yang berada di tangan. Menurut penelitian dari Michigan State University yang dimuat dalam Journal of Environmental Health menemukan 95% orang tidak mencuci tangan cukup lama untuk membasmi kuman secara efektif. 

Rata-rata hanya mencuci tangan sekitar 6 detik, padahal CDC merekomendasikan 20 detik menggosok tangan dengan sabun dan air. Sebagai reminder yang mudah, cukup menyanyikan dua kali lagu HAPPY BIRTHDAY saat mencuci tangan.

Salah Menggunakan Hand Dryer

Sering ditemukan di tempat-tempat umum, ternyata penggunaan hand dryer yang dianggap praktis apalagi jika diawali dengan cara mencuci tangan yang kurang tepat. Bisa menyebarkan kuman dari tangan ke sekitar tempat cuci tangan, sebaiknya keringkan tangan dengan tisu atau handuk.  Jika ingin menggunakan pengering tangan, CDC merekomendasikan 30-45 detik hingga benar-benar kering.

Menyentuh Barang setelah Cuci Tangan

Sudah mengikuti langkah-langkah mencuci tangan dengan tepat, tapi ada satu hal sederhana yang bisa merusaknya. Tanpa sadar, kamu menyentuh permukaan lain seperti kenop pintu atau keran yang bisa saja sudah terkontaminasi kuman, bakteri, maupun virus penyebab penyakit. Gunakan tisu untuk mematikan kran air atau jadikan penghalang antara tangan dan gagang pintu sebelum membuangnya.

Selain melakukan tindakan pencegahan dengan kebiasaan mencuci tangan yang tepat, pahami pengobatan untuk mengatasi gejala flu. Segera ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

SHARE ARTIKEL

ARTIKEL LAINNYA

Meningkatkan Produktivitas dengan Mengatasi Sifat Deadliner education

Meningkatkan Produktivitas dengan Mengatasi Sifat Deadliner

Terpaksa Multitasking, Begini Cara Jitu Jaga Kesehatan education

Terpaksa Multitasking, Begini Cara Jitu Jaga Kesehatan

Mengapa workload yang kebanyakan bikin kamu mudah sakit kepala education

Mengapa workload yang kebanyakan bikin kamu mudah sakit kepala

Neozep Forte

Tersedia di Toko dan Apotek Terdekat

BELI DI SINI