Hati-Hati, Ini 4 Barang yang Jadi Media Penularan Flu di Kantor

Hati-Hati, Ini 4 Barang yang Jadi Media Penularan Flu di Kantor

Pernah mendengar adanya musim flu? Istilah ini sering dipakai di lingkungan kerja dimana penularan flu sangat mudah terjadi di antara rekan kerja. Virus flu yang tersebar lewat droplet penderitanya ini pun diperparah oleh ruangan yang tertutup dan permukaan benda -benda tertentu yang sering dipakai bersamaan. Berikut daftar yang wajib diwaspadai!

Gagang Pintu

Bayangkan rekan kerja yang sedang flu menutup bersinnya dengan tangan lalu menyentuh gagang pintu. Semudah itu flu dapat menular, sehingga perlu mewaspadai permukaan apa pun yang berulang kali disentuh oleh banyak orang. Tak perlu mengenakan sarung tangan ke mana pun pergi, untungnya ada cara mudah untuk mencegah penularan flu. Cukup dengan rutin mencuci tangan dan jauhkan dari wajahmu.

Air Conditioner

Penggunaan AC di tempat kerja sudah bukan hal yang asing, karena dapat memberikan kenyamanan di dalam ruang yang tertutup. Sayangnya, cara ini juga dapat meningkatkan risiko penularan flu. Selain kurangnya sirkulasi udara yang memungkinkan pergantian aliran udara dari luar ke dalam ruangan, kelembapan udara yang meningkat bisa bikin virus bertahan lebih lama.

Jika memungkinkan, buka jendela untuk meningkatkan sirkulasi udara dalam ruangan dan rutin membersihkan filter AC. Jangan lupa bentengi diri sendiri dengan menggunakan masker dan menjaga jarak dari mereka yang memiliki gejala flu.

Tombol Lift

Selain gagang pintu, tombol lift juga menjadi salah satu permukaan yang sering terkontaminasi oleh virus penyebab flu. Mudah berpindah dari tangan ke mata, mulut, dan hidung saat menyentuh wajah, kemungkinan untuk terpapar flu pun semakin tinggi. 

Sebaiknya gunakan alat bantu untuk menekan tombol lift, seperti ujung pulpen atau kunci. Jika terpaksa menyentuhnya, siapkan hand sanitizer yang digunakan sebelum dan sesudah menekan tombol lift.

Peralatan Makan dan Minum

Sering makan dan minum di pantry? Hati-hati dengan penularan virus flu yang mengkontaminasi peralatan makan dan minum yang belum dibersihkan. Jangan ambil risiko, selalu cuci bersih alat makan dan gelas yang akan digunakan, atau bisa juga membawa sendiri dari rumah sehingga terjaga lebih higienis.

Meskipun sudah melakukan berbagai cara untuk mencegah penularan flu, imun yang lagi turun lebih rentan terpapar penyakit ini. Jangan dibiarkan karena dapat memicu ketidaknyamanan, terutama saat bekerja. 

Sumber

https://www.halodoc.com/artikel/4-benda-di-kantor-ini-efektif-tularkan-virus-flu

https://www.health.com/condition/flu/flu-virus-live-on-surfaces

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-2985712/begitu-mudah-flu-menular-di-kantor-ini-dia-penyebabnya

SHARE ARTIKEL

ARTIKEL LAINNYA

Sebelum Bikin Resolusi, Saatnya Evaluasi 4 Hal Ini yang Terjadi Selama Pandemi education

Sebelum Bikin Resolusi, Saatnya Evaluasi 4 Hal Ini yang Terjadi Selama Pandemi

Bantu Staminanya Cepat Pulih, Ini Saran Tepat Buat Rekan Kerja education

Bantu Staminanya Cepat Pulih, Ini Saran Tepat Buat Rekan Kerja

Mengenal Penyebab Sakit Flu pada Karyawan education

Mengenal Penyebab Sakit Flu pada Karyawan

Neozep Forte

Tersedia di Toko dan Apotek Terdekat

BELI DI SINI