Digagas oleh Francesco Cirillo di tahun 1980an, teknik Pomodoro dikenal sebagai salah satu sistem manajemen waktu terpopuler. Cocok buat menyiasati agenda padat, juga yang sering terdistraksi di lingkungan kerja. Ingin mencoba teknik Pomodoro ini? Yuk, maksimalkan dengan menggunakan beberapa tips berikut.
Maksimalkan Timer
Metode Pomodoro digunakan untuk membagi waktu kerja per 25 menit, yang dipisahkan dengan istirahat selama 5menit. Agar teknik ini bisa berjalan optimal, miliki aplikasi pengatur waktu atau timer untuk mengingatkan kapan harus mulai dan berhenti bekerja. Jika menggunakan timer di smartphone, tekan keinginanmu untuk memeriksa notifikasi, email, atau menelpon teman yang dapat membuang waktumu.
Prioritaskan yang Mendesak
Idealnya, kamu bisa membagi 8jam kerja menjadi 16 periode metode Pomodoro. Namun, teknik ini akan memberikan hasil yang lebih maksimal untuk tugas yang butuh waktu pengerjaan lebih lama atau mendesak.
Oleh karena itu, pilih tugas yang harus diselesaikan hari itu juga atau proyek yang perlu pengembangan. Jangan lupa manfaatkan break dengan maksimal untuk menghindari stress, penurunan konsentrasi, hingga kelelahan.
Miliki Plan yang Jelas
Sebelum mulai bekerja, luangkan waktu 15 menit untuk merencanakan sesi Pomodoro. Siapkan dafatr tugas dan catat berapa banyak Pomodoro yang dibutuhkan untuk setiap tugas. Jika memerlukan lebih dari 5 sesi, maka pecah menjadi tugas yang lebih kecil agar tidak membebanimu. Pertimbangkan untuk menunda tugas kecil atau kurang penting, jika melebihi 16 Pomodoro dalam sehari.
Fleksibel Atur Waktunya
Beberapa jenis pekerjaan terkadang harus diselesaikan dalam waktu yang lebih lama, seperti mengetik hingga coding. Jika prosesnya lancar, 25 menit bisa jadi terlalu singkat untuk menyelesaikan tugasmu. Sesuaikan waktu dengan pekerjaanmu, misalnya sesi 52 menit dengan istirahat 17 menit atau sesi selama 90 menit dengan break 20-30menit.
Harapannya, bukan hanya hasil kerja makin oke tapi juga punya ekstra waktu untuk lebih memperhatikan kesehatanmu. Mau menjajalnya?
Resolusi yang Dibuat Banyak yang Berujung Ilusi? Hal Ini Bisa Jadi Alasannya!
Cara Mengatasi Sakit Flu Sebelum Wawancara Kerja
Cepat Redakan Gejala Flu Saat Dikejar Deadline Pekerjaan