5 Hal yang Harus Dihindari Saat Sakit Flu

5 Hal yang Harus Dihindari Saat Sakit Flu

Sakit flu adalah salah satu penyakit yang sering menyerang banyak orang, terutama saat musim hujan atau perubahan cuaca. Sakit flu dapat disebabkan oleh infeksi virus yang menginfeksi hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Gejala sakit flu antara lain demam, pilek, hidung tersumbat, sakit kepala, batuk dan merasa lemas.

Sakit flu bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, termasuk bekerja, belajar dan berolahraga. Sakit flu juga bisa menurunkan kualitas tidur Anda karena Anda memiliki kemungkinan sulit bernapas, sering batuk, dan merasa tidak nyaman.[1] [2] [3]  Padahal tidur yang cukup dan nyenyak adalah salah satu faktor penting untuk mempercepat proses penyembuhan sakit flu.

Selain tidur yang cukup dan nyenyak, ada juga beberapa hal yang harus dihindari saat sakit flu agar tidak memperburuk kondisi Anda. Apa saja hal-hal tersebut? Berikut ini adalah lima hal yang harus dihindari saat sakit flu:

1.Minum alkohol
Minum alkohol saat sakit flu bukanlah ide yang baik. Alkohol bisa membuat Anda dehidrasi dan mengganggu sistem kekebalan tubuh Anda. Alkohol juga bisa berinteraksi dengan obat-obatan yang Anda konsumsi untuk meredakan gejala sakit flu. Selain itu, alkohol bisa memperparah gejala sakit flu seperti demam, batuk dan sakit kepala. Oleh karena itu, hindari minum alkohol saat sakit flu. Gantilah dengan minum air putih atau air hangat yang banyak untuk menjaga hidrasi tubuh Anda. Anda juga bisa minum jus buah atau sayur yang kaya vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda.
 

2.Merokok
Merokok saat sakit flu juga bukanlah hal yang bijak. Rokok mengandung nikotin dan berbagai zat kimia berbahaya yang bisa merusak paru-paru dan tenggorokan Anda. Rokok juga bisa menyebabkan iritasi pada hidung dan tenggorokan Anda yang sudah bermasalah akibat sakit flu. Oleh karena itu, hindari merokok saat sakit flu. Jika Anda kesulitan untuk berhenti merokok, cobalah untuk mengurangi jumlah rokok yang Anda hisap per hari. Anda juga bisa mencari bantuan dari dokter atau konselor untuk membantu Anda berhenti merokok.
 

3.Makan makanan pedas
Makan makanan pedas saat sakit flu mungkin terasa nikmat karena bisa membuka hidung tersumbat Anda. Namun, makan makanan pedas juga bisa menimbulkan efek samping yang tidak menyenangkan bagi tubuh Anda. Makanan pedas bisa menyebabkan perut kembung, mulas, dan diare. Oleh karena itu, hindari makan makanan pedas saat flu. Gantilah dengan makan makanan ringan dan sehat seperti sup ayam, bubur, dan roti gandum. Makanan-makanan ini bisa memberi energi dan nutrisi bagi tubuh Anda tanpa membuat perut Anda bermasalah.
 

4.Makan makanan olahan
Makanan olahan seperti sosis, nugget, dan keripik kentang mungkin terlihat menggoda saat sakit flu. Namun, makanan olahan ini biasanya mengandung garam, gula, dan lemak tingkat tinggi yang bisa meningkatkan peradangan dan menunda proses penyembuhan tubuh Anda. Oleh karena itu, hindari makan makanan olahan saat sakit flu. Gantilah dengan makan makanan segar dan alami seperti buah-buahan, sayuran, dan ikan. Makanan-makanan ini kaya akan antioksidan dan omega-3 yang bisa membantu melawan infeksi virus penyebab sakit flu.
 

5.Minum kopi
Minum kopi saat sakit flu mungkin terasa menyegarkan karena bisa membuat Anda lebih bersemangat dan terjaga. Namun, kopi juga bisa membuat Anda dehidrasi dan mengganggu tidur Anda. Padahal, tidur yang cukup dan nyenyak adalah salah satu cara terbaik untuk memulihkan tubuh Anda dari sakit flu. Oleh karena itu, hindari minum kopi saat sakit flu. Gantilah dengan minum teh herbal seperti chamomile, peppermint, dan jahe. Teh herbal dapat memberikan efek melembabkan pada tenggorokan dan hidung yang kering akibat sakit flu. Selain itu, teh herbal juga memiliki kemampuan untuk mengencerkan lendir dan mempermudah proses pengeluarannya.

Itulah lima hal yang harus dihindari saat sakit flu. Dengan menghindari hal-hal tersebut, Anda bisa membantu tubuh Anda untuk sembuh lebih cepat dari sakit flu. Jika gejala flu Anda tidak mengalami perbaikan setelah dua minggu segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.

SHARE ARTIKEL

ARTIKEL LAINNYA

Perbedaan Flu dan Pilek dari Penyebabnya education

Perbedaan Flu dan Pilek dari Penyebabnya

Jenis Olahraga untuk Bantu Redakan Flu education

Jenis Olahraga untuk Bantu Redakan Flu

Obat Flu dan Sakit Kepala yang Efektif untuk Membantu Memutuskan Kerja atau Istirahat? education

Obat Flu dan Sakit Kepala yang Efektif untuk Membantu Memutuskan Kerja atau Istirahat?

Neozep Forte

Tersedia di Toko dan Apotek Terdekat

BELI DI SINI