Stop Jadi Deadliner, Lebih Disiplin Waktu dengan 5 Tips Jitu

Stop Jadi Deadliner, Lebih Disiplin Waktu dengan 5 Tips Jitu

Merasa lebih termotivasi saat mendekati batas akhir waktu alias deadline? Bisa jadi kamu termasuk tipe deadliner yang sebenarnya lebih rentan stress dan hasil kerjanya kurang maksimal. Saatnya ubah kebiasaan buruk tersebut dan jadi lebih disiplin dengan 5 tips ini.

Menemukan Jam-Jam Produktif

Setiap orang punya jam-jam tersendiri, di mana bisa bekerja lebih maksimal. Coba temukan waktu terbaik dalam menyelesaikan pekerjaan. Misalnya pagi hari sebelum melakukan aktivitas lain atau sebaliknya malam hari yang lebih tenang.

Hindari Menunda Pekerjaan

Salah satu sifat yang menonjol dari tipe deadliner adalah suka menunda pekerjaan dan akhirnya kewalahan saat harus menyelesaikan pekerjaan dalam waktu singkat. Berikan motivasi pada diri sendiri, misalnya dengan mengingatkan diri sendiri akan manfaat bekerja sesuai jadwal.

Majukan Batas Waktu

Buat yang masih sering menunda pekerjaan, coba majukan deadline lebih awal. Cara ini cukup efektif mendisiplinkan diri dalam mengerjakan tugas. Selain itu, tambahan waktu yang dimiliki bisa dimanfaatkan untuk melakukan perbaikan atau perubahan pada hasil kerja.

Berikan Reward atau Punishment

Memperbaiki sifat sebagai deadliner butuh motivasi kuat, salah satunya menerapkan sistem reward dan punishment. Tidak harus berupa barang, tapi bisa juga dalam bentuk perasaan tenang dan lega karena sudah menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Atasi Gangguan

Ada banyak faktor distraksi alias gangguan dalam menyelesaikan pekerjaan. Beberapa bisa dikendalikan, misalnya mematikan notifikasi atau menjauhkan smartphone saat sedang bekerja, hingga stretching untuk mencegah kantuk dan jenuh.

Sumber

https://www.idntimes.com/life/inspiration/hesti-mahmudah/lebih-disiplin-c1c2/5
https://www.idntimes.com/life/education/ahsan-nurrijal/kurangi-menunda-c1c2/1
https://www.wework.com/ideas/professional-development/creativity-culture/working-from-home-tips

SHARE ARTIKEL

ARTIKEL LAINNYA

Menjaga Kondisi Tubuh agar Bebas dari Sakit Flu education

Menjaga Kondisi Tubuh agar Bebas dari Sakit Flu

4 Tips Selesaikan Pekerjaan Walau Sakit Menghadang education

4 Tips Selesaikan Pekerjaan Walau Sakit Menghadang

Tips Memilih Obat Flu dan Sakit Kepala education

Tips Memilih Obat Flu dan Sakit Kepala

Neozep Forte

Tersedia di Toko dan Apotek Terdekat

BELI DI SINI