Rentan Tertular Virus, Ini Cara Mudah Merdeka dari Flu

Rentan Tertular Virus, Ini Cara Mudah Merdeka dari Flu

Tahukah kamu kalau virus flu bisa bertahan di udara terbuka selama 8 jam? Bukan hanya itu saja, virus ini pun bisa menyebar hingga 1,8 meter dari pengidapnya sehingga mudah menular. Jangan biarkan dirimu terjajah oleh demam, hidung tersumbat, kepala pusing, dan bersin-bersin dengan melakukan beberapa tips jitu berikut ini.

Rajin Mencuci Tangan

Menyebar lewat droplet dari penderita flu, virus ini dapat berpindah dari jabat tangan atau menyentuh permukaan yang terkontaminasi. Menurut Samuel N, Grief, MD, dari CVS Health di Chicago, mencuci tangan dengan air dan sabun merupakan cara efektif untuk mencegah flu. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) pun menyarankan menggunakan banyak sabun dan pastikan untuk menggosok telapak dan punggung tangan, juga sela-sela jari dan di bawah kuku selama 20 detik.

Hand Sanitizer

Penggunaan masker memang diwajibkan sebagai bagian dari protokol kesehatan di tengah pandemi. Kini, ada manfaat tambahan dari kebiasaan baik ini karena mampu menurunkan kemungkinan tertular flu. Hal ini dikuatkan pernyataan Richard Watkins, MD, professor penyakit dalam di Northeast Ohio Medical University yang menyebutkan penggunaan masker mampu menghalangi penyebaran virus dari droplet yang sudah terinfeksi.

Jauhi Paparan Dingin

Banyak yang mengaitkan cuaca dingin dengan flu. Faktanya, cuaca bukan penyebab utama penyakit flu tapi menurut situs MedicalNewsToday, virus dapat menyebar lebih mudah pada suhu yang lebih rendah. Selain itu, paparan udara dingin dan kering mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, sehingga lebih rentan terpapar flu. 

Bukan hanya rutin mencuci tangan dan membatasi kontak dengan penderita flu, penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Mulai dari cukup istirahat, memenuhi kebutuhan cairan tubuh, dan konsumsi makanan bernutrisi.

Cukup Tidur

Walau virus flu mudah menular, belum tentu akan membuatmu sakit, berkat imun tubuh yang kuat. Selain dipengaruhi nutrisi dari makanan dan kecukupan cairan tubuh, cukup tidur dapat membantu menangkal gangguan kesehatan. 

National Sleep Foundation pun merekomendasikan agar orang dewasa beristirahat minimal tujuh jam per malam, sedangkan anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak jam istirahat. Hindari terus-menerus begadang dan sebisa mungkin hindari paparan layar gadget yang berisiko memicu gangguan tidur.

Sumber

https://www.sleepfoundation.org/how-sleep-works/how-much-sleep-do-we-really-need

https://www.medicalnewstoday.com/articles/323431#prevention

https://www.womenshealthmag.com/health/a34285581/face-mask-flu-covid-19/

https://www.everydayhealth.com/cold-and-flu/flu-season-tips-washing-your-hands/

https://www.cdc.gov/flu/about/disease/spread.htm

SHARE ARTIKEL

ARTIKEL LAINNYA

Perbedaan Flu dan Pilek dari Penyebabnya education

Perbedaan Flu dan Pilek dari Penyebabnya

Bantu Staminanya Cepat Pulih, Ini Saran Tepat Buat Rekan Kerja education

Bantu Staminanya Cepat Pulih, Ini Saran Tepat Buat Rekan Kerja

Jangan lengah! Tetap Jaga Protokol Kesehatan Bersama Keluarga education

Jangan lengah! Tetap Jaga Protokol Kesehatan Bersama Keluarga

Neozep Forte

Tersedia di Toko dan Apotek Terdekat

BELI DI SINI