Sering Flu? Bisa Jadi Imun Kamu Turun Gara-Gara 5 Kebiasaan Harian Ini

Sering Flu? Bisa Jadi Imun Kamu Turun Gara-Gara 5 Kebiasaan Harian Ini

Terpaksa menunda aktivitas atau membatalkan rencana gara-gara flu? Bukan hanya terjadi sesekali saja, gangguan kesehatan ini cukup sering kamu alami. Bisa disebabkan oleh penurunan daya tahan tubuh yang membuatmu lebih rentan tertular flu, siapa sangka penyebabnya bisa berasal dari kebiasaanmu sehari-hari.

Doyan nonton sampai malam

Streaming drama atau film favorit jadi salah satu aktivitas yang mampu menghilangkan jenuh di rumah. Tapi tak jarang kamu rela tidur larut malam, karena tak ingin ketinggalan adegan seru dan mengorbankan jam tidur. 

Sesekali mungkin bukan masalah, tapi jika dijadikan kebiasaan dapat berdampak buruk buat kesehatanmu. Kekebalan tubuh melemah dan kesulitan melawan virus, sehingga jadi lebih rentan terkena flu. Hindari terlalu sering begadang dan sebisa mungkin miliki istirahat yang cukup minimal 8 jam.

Sering pesan makanan siap saji

Kini, makin mudah memesan makanan siap saji favoritmu lewat layanan pengantaran online. Praktis dan lezat, sayangnya kebiasaan menikmati hidangan yang tinggi kalori, gula, dan garam ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan. 

Salah satunya menurunnya daya tahan tubuh terhadap serangan bakteri, virus, maupun parasit akibat konsumsi gula dan kalori yang berlebih. Menikmati menu siap saji sah-sah saja kok, asal diimbangi dengan pola makan yang sehat dan bernutrisi seimbang.

Malas cuci tangan

Flu termasuk penyakit yang ditularkan oleh percikan air liur alias droplet, yang mengandung virus. Selain berada di udara, juga bisa mengkontaminasi permukaan benda yang sering disentuh atau berpindah dari kontak fisik seperti jabat tangan. 

Virus akan berpindah dari tangan yang kotor ke hidung, mulut, maupun mata dan berisiko terkena flu. Untungnya, cara sederhana seperti mencuci tangan dengan sabun dan menghindari terlalu sering menyentuh wajah, dapat menjaga tubuh dari risiko paparan virus penyebab flu.

Enggan Berjemur

Satu lagi alasan yang bisa dijadikan penyemangat untuk bangun pagi. Selain menghirup udara segar dan meluangkan waktu untuk berolahraga, berjemur di bawah sinar matahari terbukti mampu menjaga kesehatan tubuh.

Sering dikaitkan dengan kesehatan tulang dan otot, vitamin D yang mudah didapatkan dari sinar matahari pagi ini mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Cukup berjemur selama 10-15 menit di pagi hari untuk memenuhi sebagian kebutuhan vitamin D dan meminimalkan risiko sakit flu. asupan vitamin ini juga bisa didapatkan dari makanan sehari-hari seperti ikan, kuning telur, susu, hingga jamur.

Siapa sangka jika kebiasaan yang dilakukan sehari-hari justru dapat menurunkan sistem imun tubuh dan meningkatkan risiko terkena flu. Maka dari itu, penting untuk kita melakukan pencegahan dengan merubah pola hidup kearah yang lebih sehat.

Sumber

https://hellosehat.com/pernapasan/flu/penyebab-flu/

https://www.eatthis.com/surprising-side-effects-fast-food-immune-system/

https://academic.oup.com/ajcn/article-abstract/26/11/1180/4732762

 

SHARE ARTIKEL

ARTIKEL LAINNYA

Dipicu Overwork, 4 Tips Ini Jitu Atasi Stres education

Dipicu Overwork, 4 Tips Ini Jitu Atasi Stres

4 Kebiasaan Sehari-Hari yang Ancam Kemerdekaan Bekerja education

4 Kebiasaan Sehari-Hari yang Ancam Kemerdekaan Bekerja

Tak Kalah Menantang, Ini 5 Tips Tetap Produktif Selama WFH education

Tak Kalah Menantang, Ini 5 Tips Tetap Produktif Selama WFH

Neozep Forte

Tersedia di Toko dan Apotek Terdekat

BELI DI SINI