Cara Menghilangkan Rasa Lemas dan Pusing Akibat Sakit Flu

Cara Menghilangkan Rasa Lemas dan Pusing Akibat Sakit Flu

Rasa lemas dan pusing saat sakit flu merupakan hal yang umum dialami oleh banyak orang. Flu merupakan infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan, seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Virus flu dapat menyebabkan peradangan dan iritasi pada saluran pernapasan sehingga mengganggu aliran udara dan oksigen ke seluruh tubuh. Akibatnya, tubuh menjadi lemah dan mudah lelah, serta merasakan sakit kepala atau pusing.

 

Anda tidak perlu khawatir, karena sakit flu biasanya tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang dari dua minggu. Namun, Anda tetap perlu melakukan beberapa hal untuk mengatasi rasa lemas dan pusing yang mengganggu. Berikut adalah lima hal yang dapat Anda lakukan:

 

1. Konsumsi makanan dan minuman hangat

Konsumsi makanan dan minuman hangat merupakan salah satu cara yang efektif untuk meredakan gejala sakit flu. Makanan dan minuman hangat dapat memberikan rasa nyaman di tenggorokan Anda yang sakit dan kering akibat batuk atau pilek. Selain itu, makanan dan minuman hangat juga dapat melegakan hidung yang tersumbat dan mengurangi peradangan di saluran pernapasan.

 

Salah satu manfaat dari mengonsumsi makanan dan minuman hangat saat sakit flu yaitu dapat meningkatkan aliran darah ke selaput lendir yang melapisi hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Aliran darah yang lebih lancar ini dapat membantu membersihkan lendir dan bakteri yang menyebabkan infeksi di saluran pernapasan dan dapat merasakan pernapasan yang lebih lega dan mengurangi risiko komplikasi seperti sinusitis atau bronkitis.

 

2. Istirahat yang cukup

Istirahat salah satu cara terbaik untuk memulihkan tubuh Anda dari sakit flu. Istirahat dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda yang sedang berjuang melawan virus. Istirahat juga dapat membantu mengurangi rasa lemas dan pusing yang disebabkan oleh kelelahan. Usahakan tidur setidaknya 7-8 jam per malam dan hindari aktivitas fisik yang berat.

 

Selain itu, istirahat juga dapat memberikan kesempatan bagi tubuh Anda untuk memperbaiki jaringan yang rusak akibat infeksi. Istirahat juga dapat mencegah Anda dari stres yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Dengan istirahat yang cukup, Anda dapat merasa lebih segar.

 

Jika Anda merasa sulit tidur karena sakit flu, Anda dapat mencoba beberapa tips seperti menggunakan bantal tambahan untuk meninggikan kepala Anda, menggunakan pelembab udara untuk melembabkan saluran pernapasan, minum air hangat atau teh sebelum tidur, dan konsumsi obat yang sesuai. Tips ini dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak dan mempercepat proses penyembuhan flu.

 

3. Konsumsi jahe

Konsumsi jahe merupakan salah satu cara alami untuk mengatasi gejala flu. Jahe merupakan rempah-rempah yang  dapat membantu meredakan peradangan di saluran pernapasan, mengurangi hidung tersumbat, dan meredakan sakit kepala akibat sakit flu.

 

Jahe juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu melawan infeksi virus. Anda dapat mengkonsumsi jahe dengan berbagai cara  seperti membuat teh jahe, mencampurnya dengan madu, dan memakannya mentah.

 

Untuk membuat teh jahe, Anda dapat merebus beberapa iris jahe segar dalam air selama 10-15 menit, kemudian menambahkan gula atau madu sesuai selera. Anda dapat minum teh jahe ini beberapa kali sehari untuk merasakan manfaatnya. Untuk mencampur jahe dengan madu, Anda dapat menghaluskan atau memarut jahe segar kemudian mencampurnya dengan madu murni dengan perbandingan 1:1. Anda dapat menyimpan campuran ini dalam botol kaca dan mengkonsumsinya satu sendok teh setiap beberapa jam.

 

4. Konsumsi vitamin C

Konsumsi vitamin C dapat menjaga kesehatan tubuh Anda saat sakit flu. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan mempercepat penyembuhan flu.

 

Vitamin C juga dapat membantu mencegah komplikasi flu seperti pneumonia atau bronkitis. Anda dapat mengonsumsi vitamin C dari buah-buahan segar seperti jeruk, kiwi, anggur, dan stroberi. Buah-buahan ini tidak hanya menyediakan vitamin C, tetapi juga serat, air, dan nutrisi lain yang baik untuk tubuh Anda.

 

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi ini, Anda dapat menjaga kesehatan tubuh Anda saat sakit flu dan mempercepat proses penyembuhan.

SHARE ARTIKEL

ARTIKEL LAINNYA

Mengenal Mental Deadliner dan Cara Mengatasinya education

Mengenal Mental Deadliner dan Cara Mengatasinya

Tips Memilih Obat Flu dan Sakit Kepala education

Tips Memilih Obat Flu dan Sakit Kepala

Cepat Redakan Gejala Flu Saat Dikejar Deadline Pekerjaan education

Cepat Redakan Gejala Flu Saat Dikejar Deadline Pekerjaan

Neozep Forte

Tersedia di Toko dan Apotek Terdekat

BELI DI SINI