4 Kebiasaan Sehari-Hari yang Ancam Kemerdekaan Bekerja

4 Kebiasaan Sehari-Hari yang Ancam Kemerdekaan Bekerja

Lagi-lagi terpaksa menunda pekerjaan karena sakit, bukan hanya kinerjamu jadi menurun. Rekan kerja pun jadi was-was jika harus bekerja bersama, karena khawatir tertular penyakit. Jangan-jangan, kemerdekaanmu untuk bekerja dengan tenang diancam oleh 4 kebiasaan ini.

Malas Membuang Tisu Bekas Bersin atau Batuk

Menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin dengan tisu dapat menangkap percikan, yang mengandung bakteri atau virus. Tapi jangan meletakkan di permukaan meja atau di sudut kantor karena dapat memicu penularan penyakit. 

Kumpulkan tisu bekas bersin atau batuk ke dalam wadah tertutup seperti kantong plastic atau kertas, lalu segera buang ke dalam tempat sampah. Jangan lupa untuk membersihkan area kerja dan mencuci tangan setelah melakukannya.  

Sering Menyentuh Wajah

Sering tanpa sadar menggosok hidung, menutup mulut, hingga menyentuh area wajah lainnya? Kebiasaan ini menjadi jalan virus maupun kuman penyakit memasuki tubuh, misalnya lewat hidung, mulut, dan jalur pernafasan. 

Mengubahnya memang nggak mudah, apalagi buat yang sering berinteraksi dekat dengan banyak orang di tempat kerja. Coba langkah sederhana dengan menempelkan catatan berisi pengingat ke tas kerja, komputer, atau tempat lain yang sering dilihat untuk mengurangi kebiasaan tersebut.

Menggigiti Kuku

Mirip dengan kebiasaan menyentuh wajah, menggigiti kuku saat cemas atau menganggur bisa membuka akses masuk untuk penyebab penyakit. Terkadang sulit untuk menahan keinginan melakukannya, coba alihkan pikiran dengan menyibukkan diri dan jangan lupa rutin menjaga kebersihan diri.

Berbagi Alat Makan atau Minum dengan yang Sakit

Niatnya baik ingin membantu rekan kerja, tapi hindari berbagi penggunaan alat makan dan minum. Bahkan jika orang lain di sekitarmu belum menunjukkan gejala sakit, kemungkinan dapat membawa virus atau kuman pemicu penyakit. Sebaiknya, sediakan alat makan pribadi di tempat kerja dan berikan identitas untuk mencegahnya tertukar dengan milik yang lain.

Stop lakukan kebiasaan buruk ini dan miliki pola hidup yang sehat, untuk menjaga tubuh dari ancaman penyakit.

SHARE ARTIKEL

ARTIKEL LAINNYA

Sebelum Bikin Resolusi, Saatnya Evaluasi 4 Hal Ini yang Terjadi Selama Pandemi education

Sebelum Bikin Resolusi, Saatnya Evaluasi 4 Hal Ini yang Terjadi Selama Pandemi

Meningkatkan Produktivitas dengan Mengatasi Sifat Deadliner education

Meningkatkan Produktivitas dengan Mengatasi Sifat Deadliner

Stop Jadi Deadliner, Lebih Disiplin Waktu dengan 5 Tips Jitu education

Stop Jadi Deadliner, Lebih Disiplin Waktu dengan 5 Tips Jitu

Neozep Forte

Tersedia di Toko dan Apotek Terdekat

BELI DI SINI