Terpaksa Keluar Rumah Saat Flu, 5 Barang Ini Jangan Sampai Ketinggalan

Terpaksa Keluar Rumah Saat Flu, 5 Barang Ini Jangan Sampai Ketinggalan

Saat terpapar flu dengan gejala demam, bersin-bersin, hingga hidung tersumbat, inginnya hanya istirahat seharian di rumah. Sayangnya, terkadang ada aktivitas yang sulit untuk ditunda atau dibatalkan. Terpaksa keluar rumah, sebisa mungkin lakukan beberapa cara ini untuk mencegah gangguan kesehatanmu semakin parah atau justru menularkan penyakit.

Bekali Diri dengan Masker

Masker jadi item wajib pakai di masa pandemi seperti sekarang, begitu juga saat mengalami flu. Penggunaan masker yang tepat dapat meminimalkan penyebaran droplet berisi virus yang keluar saat berbicara, bersin, maupun batuk. 

Baik memilih masker kain maupun medis, pastikan area hidung, mulut, dan dagu tertutup rapat tapi tetap merasa nyaman untuk bernapas atau berbicara. Selain itu, jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang masker. Jangan lupa juga untuk membawa masker cadangan untuk mengganti masker setiap beberapa jam sekali agar tetap higienis.

 

Hand Sanitizer

Menjaga tangan tetap bersih dapat mengurangi risiko penyebaran virus flu pada orang lain. Pilihan terbaik adalah mencuci tangan dengan sabun dan air. Tapi saat bepergian, selalu bawa hand sanitizer dengan kandungan minimal 60% alkohol. 

Walau tidak bisa menjadi pengganti mencuci tangan, cara ini cukup efektif melawan mikroba penyebab penyakit saat kesulitan menemukan sabun atau air mengalir. Saat menggunakannya, pastikan untuk menuangkan jumlah yang cukup dan gosok kedua telapak tangan hingga kering. 

Botol Air Minum

Salah satu gejala flu yang sering dialami adalah demam, yang bisa bikin tubuh kehilangan cairan, Jika dibiarkan dan konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti teh atau kopi, tubuh rentan mengalami dehidrasi. Akibatnya, tubuh jadi terasa lemas dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk kembali sehat. 

Biasakan untuk membawa botol air minum untuk menjaga kecukupan cairan dalam tubuh. Bisa juga membawa air hangat dengan campuran madu untuk membantu meredakan sakit tenggorokan dan batuk.

Pakaian Hangat

Saat terpaksa keluar rumah saat mengalami flu, ada baiknya menggunakan pakaian hangat untuk mencegah paparan suhu AC atau angin. Tapi jika mengalami demam, pilih outfit yang nyaman dan tidak terlalu tebal. Jangan lupa untuk menyiapkan tisu untuk menutup hidung dan mulut saat batuk atau bersin, pastikan untuk membuang tisu sesegera mungkin.

Meskipun terpapar flu, aktivitas terkadang masih harus berjalan. Bekali diri dengan item wajib diatas untuk membantu memulihkan kesehatan dan mencegah penularan flu.

 

https://www.halodoc.com/artikel/tak-cukup-air-hangat-ini-cara-atasi-flu-dengan-tepat

https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/coronavirus/proper-mask-wearing-coronavirus-prevention-infographic

https://www.healthline.com/health/products-to-keep-on-hand-for-flu-season#2.-Tissues

https://www.prevention.com/health/health-conditions/g33968176/cold-and-flu-supplies/

SHARE ARTIKEL

ARTIKEL LAINNYA

Cara Menjaga Kesehatan di Tempat Kerja yang Hektik saat Flu Menyebar education

Cara Menjaga Kesehatan di Tempat Kerja yang Hektik saat Flu Menyebar

Pentingnya Istirahat yang Cukup dan Tidur Nyenyak Selama Proses  Penyembuhan Sakit Flu education

Pentingnya Istirahat yang Cukup dan Tidur Nyenyak Selama Proses Penyembuhan Sakit Flu

Rentan Tertular Virus, Ini Cara Mudah Merdeka dari Flu education

Rentan Tertular Virus, Ini Cara Mudah Merdeka dari Flu

Neozep Forte

Tersedia di Toko dan Apotek Terdekat

BELI DI SINI